Cara Mengobati Kemandulan Pada Pria

Bookmark and Share

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Tidak ada jenis kelamin yang lebih banyak menjadi penyebab kasus kemandulan. Sepertiga dari kasus kemandulan diakibatkan pihak wanitanya yang mandul, sepertiga lagi karena pihak prianya, dan sepertiga lagi karena kedua belah pihak. Sebenarnya apa penyebab kemandulan? Berikut ini penyebab-penyebab kemandulan pada wanita, lelaki, dan sebab-sebab kemandulan lain yang tak bisa dijelaskan.


Kemandulan pada pria

> Tersumbatnya saluran sperma
Penyebab kemandulan pada pria sering sulit untuk ditelusuri. Salah satu penyebab paling jelas adalah tersumbatnya saluran sperma. Pada umumnya hal ini terjadi karena penyakit menular seksual. Penyumbatan yang mudah diidentifikasi adalah yang disebabkan oleh vasektomi. Operasi mudah dilakukan untuk menghubungkan kembali saluran sperma setelah vasektomi. Tetapi beberapa pria—terutama mereka yang sudah lebih dari sepuluh tahun divasektomi—akan tetap tidak bisa membuahi karena sistem tubuh mereka sudah membentuk semacam reaksi kekebalan yang membunuh sperma mereka.

> Varicocele
Penyebab umum kemandulan pada pria lainnya adalah varicocele, sekumpulan vena yang membesar di sekitar testikel yang menghalangi sperma berfungsi, dengan meningkatkan temperatur tubuh di skrotum. Padahal agar testikel dapat memproduksi sperma yang sehat, temperatur di skrotum harus lebih rendah daripada temperatur di seluruh tubuh.

> Testikel yang tidak normal
Idealnya, testikel harus terhubung ke skrotum, dan proses ini terjadi beberapa saat setelah pria dilahirkan. Tapi pada beberapa kasus, testikel tidak terhubung ke skrotum sampai bertahun-tahun. Pada beberapa keadaan, mungkin dibutuhkan operasi untuk memperbaiki hal ini ketika si anak masih kecil, untuk mencegah kerusakan pada testis yang menyebabkan kemandulan. Pada kasus-kasus langka, pertumbuhan yang tidak normal pada testis atau saluran sperma juga bisa disebabkan karena kecelakaan, penyakit, atau ketidaknormalan karena keturunan.

Obat-obatan atau bahan kimia tertentu pada lingkungan kita juga bisa menghambat fungsi dan proses produksi sperma. Pada seperti pada wanita, obat-obatan yang dikonsumsi pria juga bisa menyebabkan sistem reproduksi pria tidak normal.

> Stimulasi hormon
Selain itu, beberapa pria juga mengalami kekurangan hormon yang penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar