Tutorial Cara Membuat Extrude Dengan Taper Angle

Bookmark and Share

Tehnik EXTRUDE dengan TAPER ANGLE


Agar lebih afdol,salam Grafis dulu gan biyar tetep semangat...!!!,,hehe.. kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya yang lainnya sesuai dengan judulnya yaitu Teknik Extrude di Autocad dengan Taper Angle

Wookeh…penjelasan judul diatas gini gan,yaitu meng-Extrude atau memberi ketebalan pada sebuah Objek dengan menggunakan TAPER ANGLE guna membuat sudut kemiringan/sudut lancip.
Langsung praktek aja ya gan,biyar lebih jelas,,kita focus pada perintah “EXTRUDE”.

Saya mempunyai object 4 persegi seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Lalu,pada posisi SE ISOMETRIC VIEW,objek 2D tersebut akan saya jadikan object 3D dengan menggunakan perintah Extrude dan saya berikan kemiringan.caranya:
1. Extrude <enter>
2. Seleksi objek <enter>
3. Maka pada command toolbar ada 3 pilihan
image www.ilmugrafis.com

4. Pilih “ta”(singkatan dari taper angle) <enter>

5. Masukan nilai kemiringan : 50 <enter>
image www.ilmugrafis.com

6. masukan nilai ketinggian:800 <enter>
image www.ilmugrafis.com
Maka hasilnya seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Catatan :
Jika nilai sudutnya (+) maka ketebalan objek tersebut akan meruncing keatas, semakin besar nilainya maka semakin runcing pula.begitu jg sebaliknya, jika nilai sudutnya (-) maka ketebalan objek tersebut akan melebar keatas,semakin besar nilainya (-)maka semakin melebar pula sudut kemiringanya,seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Dengan menggunakan tehnik extrude diatas,sederhananya saya buat atap rumah Jadul seperti ini:
image www.ilmugrafis.com
Membuat atap rumah dengan Autocad

anda bisa mempelajari teknik-teknik dasar autocad yang lain karena telah diterangkan di tutorial - Tutorial Autocad sebelumnya

Sekian dulu tutor Acad dari saya,,jk ada yg kurang jelas bisa agan tanyaka di email saya….
Terimakasih, SEMOGA BERMANFAAT

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar