Sejarah Perkembangan Jquery

Bookmark and Share

Sejarah dan Pengenalan jQuery

Semenjak dirilis pertama kali pada tahun 2006 oleh john Resig, jQuery telah mencuri perhatian para developer web. Buktinya, pada tahun-tahun berikutnya jQuery telah banyak digunakan oleh website - website terkemuka di dunia seperti Google, Microsoft, intel , Nokia, Oracle , IBM, DELL, BBC, NBC, ESPN, EAPN, EA Sport, Twitter, Facebook, Amazon, Techorati, Youtobe Apple, Wordpress, Mozila, Netflix , Digg, Time, dan masih banyak lagi. Bahkan website lokalpun tidak mau ketinggalan, Lihat saja Detik, Studio 21 (21cineplex.com). Indosiar, Vivanews, Kompas, termasuk tentunya dan lain-lain.

Website ilmugrafis pakai jQuery di mananya gan?
Cek di tab Menu Utama website ilmugrafis.com sebelah atas, disitu jika di klik bagian panah kecil maka akan ada drop down menu, dan juga smooth "back to top" yang ada di sebelah kanan bawah juga pakai jQuery. tenang saja, Nanti akan saya bagikan cara / trik pembuatannya di tutorial berikutnya.

Kembali ke topik bahasan tentang Jquery...

Dan sampai saat ini sudah tercatat ada jutaan website yang telah menggunakan jQuery. Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat di http://docs.jquery.com/Sites_Using_jQuery. Jadi jika kita yang ngaku-ngaku sebagai seorang developer web namun belum mengenal jQuery maka kita termasuk orang yang ketinggalan dan rugi, mari kita jelajahi dunia jQuery yang penuh dengan keindahan.

Apa itu jQuery?

jQuery adalah  javascript Library -> kumpulan kode / fungsi Javascript siap pakai, sehingga mempermudah dan mempercepat kita dalam membuat kode Javascript. Secara standar. Apabila kita membuat kode Javascript, maka diperlukan kode yang cukup panjang,  bahkan terkadang sangat sulit dipahami, misalnya fungsi Javascript untuk membuat stripe (warna selang-seling) pada baris suatu tabel adalah sebagai berikut:

Nah, disinilah peran jQuery sebagai Javascript Library, dimana kita bisa langsung memanggil fungsi yang terdapat di dalam Library tersebut, menariknya kita hanya memerlukan satu/dua baris untuk membuat warna selang-seling pada suatu tabel, yaitu:

jQuery(‘table trinth-child(odd)’) .addClass (‘odd’) ;

Kesimpulannya, jQuery menyederhanakan kode Javascript. Hal ini sesuai dengan slogannya ‘Write less, do more ‘ cukup tulis sedikit, tapi bisa melakukan banyak hal.

logo jquery write less do more
Gambar : Logo jQuery dan slogannya

Catatan:
Javascript merupakan pemrograman yang berjalan disisi klien (browser), sehingga Javascript dapat membuat website lebih hidup (interaktif dan responsif) . Beberapa contoh yang bisa dilakukan Javascript adalah pembuatan animasi, kotak dialog , mengubah bentuk kursor mouse, validasi form, dan lain-lain. Kemampuan istimewa lainnya. Javascript dapat membuat website dengan cita rasa desktop.

Mengapa Menggunakan jQuery?

Apa keunggulan jQuery dibandingkan Javascript Library pendahulunya seperti Phototype, Mootools , YUI (Yahoo User Interface), dan Dojo? Berikut beberapa alas an yang membuktikan jQuery sangat powerfull dan layak dijadikan pilihan, yaitu:
  • jQuery telah banyak digunakan oleh website-website terkemuka di dunia.
  • Kompatibel/cocok dengan semua browser yang popular, seperti Mozila, Internet Explorer, Safari, Chrome, Opera.
  • Kompatibel dengan semua versi CSS (CSS 1 sampai dengan CSS 3)
  • Dokumentasi, tutorial dan contoh-contohnya lengkap, silahkan kunjungi website resminya di http://jquery/com
  • Didukung oleh komunitas yang besar dan aktif, seperti forum,milis, blog, social engineering (twitter dan facebook), website, dan tutorial.
  • Ketersediaan plugin yang sangat banyak jumlahnya. Plugin merupakan kemampuan tambahan yang bisa disertakan pada jQuery.
  • Filenya hanya satu dan ukurannya pun kecil, hanya sekitar 20 KB, sehingga cepat diakses
  • Open source/free (gratis) dengan lisensi dari GNU General Public Lisence  dan MIT License.
  • jQuery lebih banyak digunakan oleh para developer web dibandingkan Javascript Libary lainnya

Apa Kemampuan yang dimiliki jQuery?

Dari beberapa uraian sebelumnya, kita sudah melihat sebagaian kemampuan jQuery. Berikut ini akan dijabarkan lagi mengenai kemampuan yang dimiliki jQuery, diantaranya:
  1. Mempermudah akses dan manipulasi elemen tertentu pada dokumen.
    Biasanya diperlukan baris program yang cukup panjang untuk mengakses suatu elemen dokumen . Namun  , jQuery dapat melakukannya hanya dalam beberapa baris program saja. Karena jQuery menpunyai Selector yang sangat efisien untuk mengakses suatu elemen tertentu pada dokumen yang selanjutnya bisa dimanipulasi sesuai dengan keinginan kita.

  2. Mempermudah modifikasi/perubahan tampilan halaman web.
    Biasanya untuk memodifikasi tampilan halaman web digunakan CSS. Permasalahannya, CSS sangat dipengaruhi oleh web browser yang digunakan sehingga Sering terjadi halaman web yang dibuat sudah rapi dan bagus tampilannyadi browser Mozilla, namun ketika ditampilkan di Opera menjadi berantakan. Namun, jQuery dapat menyesuaikan style CSS pada semua browser, sehingga permasalahann tersebut dapat dihindari.

  3. Mempersingkat Ajax (Asynchronous Javascript and XML)
    Kemampuan favorit dari Ajex adalah mampu mengambil informasi dari server tanpa melakukan refresh pada halaman web, artinya halaman web terlihat berganti secara otomatis. Apabila kita menuliskan kode Ajax secara manual, biasanya diperlukan baris yang cukup panjang, namun jQuery dapat mempersingkatnya menggunakan Ajax cell, perbandingan 25 baris kode Ajax dapat disingkat menjadi 5 baris kode aja kita menggunakan jQuery.

  4. Memiliki API (Application Programming Interface)
    Dengan API, jQuery dapat memanipulasi content pada suatu halaman web, seperti pengubahan teks, manipulasi gambar (resize,rotate,crop), penyusunan daftar (list), pengurutan list, paging, dan lain-lain.

  5. Mampu merespon interaksi antara user dengan halaman web dengan lebih cepat.

  6. Menyediakan fasilitas untuk membuat animasi sekelas Flash dengan mudah.
Demikianlah beberapa kemampuan yang ditawarkan jQuery, semoga anda tergoda untuk mempelajarinya. Sampai jumpa di tutorial jQuery berikutnya yaitu implementasi JQuery. Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar