Belajar Ragam Bahasa Pemrograman Website

Bookmark and Share

Mengenal Ragam Bahasa Pemrograman Website




php css html

Artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang program yang sering digunakan untuk membuat situs di internet. Dalam pembuatan sebuah website maka kita tentu harus mengenal apa saja dan program - program yang biasanya digunakan dan ragam bahasa pemrograman dan pembuatan website. Apa saja itu? Oke simak penjelasan berikut ini

HTML
Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa dasar yang digunakan untuk merancang halaman web statis. Menampilkan berbagai informasi di dalam Browser. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

ColdFusion
ColdFusion adalah bahasa scripting yang digunakan untuk pemrograman web server. ColdFusion digunakan pada Adobe ColdFusion, BlueDragon, dan lainnya. ColdFusion merupakan produk yang mirip dengan Microsoft ASP.NET, JavaServer Pages dan PHP. ColdFusion adalah teknologi yang pertama kali menyediakan kemampuan membuat situs web dinamis yang terhubung pada basis data backend.
ColdFusion pertama kali dikembangkan di Allaire Corporation, oleh kakak beradik JJ dan Jeremy Allaire sampai dengan versi 5 sebelum dibeli oleh Macromedia. Versi yang dijual oleh Macromedia adalah Macromedia Coldfusion MX 7. Setelah Macromedia dibeli oleh Adobe, perangkat lunak ini diganti namanya menjadi Adobe ColdFusion 8.

PHP
PHP Hypertext Preprocessor (PHP) merupakan bahasa pemograman scripting web server-side. Dengan pemograman server side, sebuah website akan lebih dinamis . PHP biasanya terpasang pada file HTML yang disimpan dengan ekstensi *.php. PHP dapat digunakan untuk membuat CMS (Content Management System) yaitu website yang content (isi) nya di generate dari database / Server. Biasanya disandingkan dengan Database MySQL.
Contoh :
<?php
echo "Hello World";
?>
Hasilnya :
Hello World

ASP VBScript
Active Server Pages atau ASP VBScript merupakan bahasa scripting server side turunan dari bahasa Visual Basic . ASP disimpan dengan ekstensi *.HTA.

XSLT (Entire Page)
XSLT (Entire Page) adalah bahasa pemrograman yang mempunyai sintaks dasar sebagaimana XML. XSLT digunakan untuk mengubah dokumen XML menjadi HTML atau format lainnya.

CSS
Cascading Style Sheet (CSS) adalah bahasa style yang digunakan untuk mendesain halaman web yang bertujuan memisahkan isi (content) web dengan desain web.

JavaScript
JavaScript merupakan bahasa scripting turunan dari pemrograman Java. JavaScript digunakan untuk pemrograman web client-side.

XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa yang mirip dengan HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada pemrograman web saja
Semoga tambahan wawasan ini bisa bermanfaat bagi anda untuk lebih mengenal apa saja istilah ragam bahasa pemrograman website.
Terima kasih, semoga bermanfaat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar