Cara Membuat Teks 3 Dimensi (3D) Menggunakan 3DS Max

Bookmark and Share

Membuat Teks 3 Dimensi (3D)


Teks 3D. Selamat Tahun Baru 2013 Semoga tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada tutorial 3 DS Max kali ini kita akan belajar bersama untuk membuat teks 3D, Anda bisa menggunakan Teknik Shapes/Spline Modeling dalam penulisan teks 3D di 3ds Max, yaitu teknik membuat modeling dengan menggunakan bentuk-bentuk objek 2D yang kemudian “ditransfer“ menjadi objek 3D dengan menggunakan Modifier Extrude atau pun Bevel. Modifier Extrude mempunyai kemiripan dengan Modifier Bevel, yaitu sama-sama Modifier yang memberikan ketinggian atau ketebalan pada permukaan suatu objek 2D. Hanya saja Bevel mempunyai setingan parameter yang lebih kompleks dibandingkan dengan Extrude.


Teknik Pembuatan Teks 3 Dimensi (3 D)

Mari kita bersama - sama mempelajarinya :

1. Buka aplikasi 3DSMAX. Klik Tab Create kategory Shapes
pilih Text, kemudian klik sembarang pada Viewport Front, ini dimaksudkan agar objek teks langsung berdiri tegak di layar Viewport.

2. Di Tab Modify
ubah namanya menjadi “Teks”. Edit juga parameter yang lain, misalnya Jenis Teks = Verdana Bold (bila jenis teks ini tidak ada dalam komputer Anda, Anda dapat menggunakan jenis huruf yang lain), Size = 60, Kerning = 2 (Kerning adalah jarak antar huruf). Pada kotak text yang tersedia, ketik kata/kalimat yang diinginkan, misalkan : 3ds Max.

Setingan Parameter Text

3. Masih di dalam Tab Modify
klik kotak Modifier List, Anda pilih dan klik Modifier Bevel. Ubah Height = 2, Outline = 2. Kemudian klik kotak Level 2 dan atur Height = 8, Outline = 0. Selanjutnya klik kotak Level 3 dan atur Height = 2, Outline = -2

Setingan Parameter Rollout Bevel Values

4. Pastikan objek “Teks” dalam keadaan terpilih, kemudian Anda klik kanan tombol Select & Move
atur parameter Absolut:World X = 4, Y = -0 & Z = 35. Tutup jendela Move Transform Type-In.

5. Tekan tombol M di keyboard, klik slot yang kosong
klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Pilih misalkan warna biru muda (Red = 28, Green = 150, Blue = 175) dan klik tombol OK.

6. Pastikan “Teks” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
Tutup jendela Material Editor.

7. Gunakan tombol-tombol navigasi Arc Rotate, Zoom atau Pan View bila perlu untuk mengatur sudut pandang Viewport Perspektif sesuai dengan yang Anda inginkan.

8. Klik Viewport Perspective. Untuk melihat hasil akhirnya, klik Anda Menu Rendering > Render. Lalu tekan tombol Render.
Hasilnya:
tulisan 3d
Hasil Render Tulisan 3D

Catatan:
[-] Ketika Anda memberikan nilai untuk setiap Outline pada level 1, 2 dan 3 di rollout Bevel Values, Anda harus memperhatikan bentuk yang terjadi pada objek Text Anda di layar Viewport. Terkadang terjadi kerusakan dan perubahan bentuk yang tidak diinginkan pada objek Text Anda, bila nilai Outline yang diberikan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sehingga Anda harus berhati-hati.

[-] Anda juga dapat bebas menggunakan tiap level pada parameter Bevel Values. Tidak harus mengaktifkan keseluruh Level yang ada di sana. Ini semua tergantung kepada kebutuhan Anda.

[-] Anda juga dapat menggunakan Modifier Extrude sebagai pengganti Modifier Bevel, sehingga nantinya Anda dapat melihat perbedaan hasil dari menggunakan Extrude maupun Bevel.

Itulah cara sederhana memberikan efek 3 dimensi pada teks. Selamat berkarya membuat teks 3D.... Semoga Bermanfaat...

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar