Cara Membuat Rendering Garis-Garis (Wireframe) Menggunakan 3DS Max

Bookmark and Share

Membuat Rendering Garis-Garis (Wireframe)

Anda juga dapat membuat Rendering berupa garis-garis pada hasil Render Anda nantinya, dalam 3ds Max di sebut dengan Wire. Jadi hasil Render nantinya tidak mempunyai surface (permukaan). Biasanya banyak dipergunakan untuk menampilkan animasi suatu perubahan bentuk (dari bentuknya berupa garis-garis kemudian berubah menjadi bentuk nyata yang mempunyai surface/permukaan). Atau untuk menampilkan bentuk 3D seperti dalam bentuk sketsa. Atau untuk melihat atau menampilkan topologi  dari suatu bentuk objek 3D.


Fitur Force Wireframe

Dalam 3ds Max Anda akan menggunakan fitur Force Wireframe yang terdapat pada fitur Render. Cara menggunakan fitur ini tidaklah rumit, tidak memerlukan setingan parameter-parameter yang sangat banyak. Anda bisa mencobanya dengan tutorial 3dsmax berikut ini :

1. Anda buka salah satu file 3D yang Anda miliki. Klik Menu Rendering > Render > Render. Dari jendela hasil Render, Anda akan melihat hasil Render berupa gambar/image yang mempunyai surface/permukaan. Nah, sekarang Anda akan membuat hasil Render berupa garis-garis atau disebut dengan Rendering Wireframe. Tutup jendela Hasil Render dan biarkan jendela Render Scene tetap dalam keadaan terbuka.

2. Klik Tab Renderer renderer
Selanjutnya di rollout Default Scanline Renderer, di kategori Options Anda klik pemilihan Force Wireframe (ditandai dengan aktifnya tanda centang). Atur nilai Wire Thickness sesuai yang Anda mau. Ini adalah ketebalan dari Wire (garis/rangka) dari objek 3D-nya. Secara default nilainya adalah 1. Anda atur misalkan Wire Thickness = 2.
Force Wireframe dan Wire Thickness
Pemilihan Force Wireframe dan Wire Thickness

3. Tekan tombol Render. Maka Anda akan melihat hasil Render akan berupa rangka-rangka/garis-garis objek.

4. Untuk mendapatkan hasil rangka terhadap sisi belakang dari tiap-tiap objek 3D yang terdapat dalam Scene, Anda harus mengaktifkan pemilihan 2 sided (2 sisi) dengan cara, klik Tab Common common , di kategori Options, klik pemilihan Force 2-Sided (ditandai dengan aktifnya tanda centang).
force 2-sided
Pemilihan Force 2-Sided

5. Lakukan Render kembali.

Catatan:
Bila Anda menggunakan fitur Force 2-Sided, maka Anda kalkulasi waktu Render akan menjadi lebih lama, disebabkan karena Max akan menghitung kalkulasi garis-garis di sisi belakang dari tiap-tiap objek yang terdapat dalam Scene Anda.

Contoh Hasilnya :
wireframe 3d
Itulah cara Rendering Garis-Garis (Wireframe). Simak juga tutorial sebelumnya yaitu Teks 3 Dimensi (3D) dengan 3dsmax. Selamat berkarya. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar