Golden Hour Dalam Seni Fotografi

Bookmark and Share

golden hour
gambar : Sunset (Golden Hour)
Bagi anda yang hobby dan ingin serius di dunia fotografi apalagi jika anda seorang fotografer outdoor maka wajib mengetahui Golden hour (bisa juga disebut Magic hour). Fotografer professional menyebut golden hour sebagai momen dengan kondisi pencahayaan terbaik. Apa itu Golden Hour dan kapan terjadinya?
Kalau ada satu faktor penting yang bisa menentukan baik dan buruknya sebuah foto maka faktor tersebut adalah cahaya (pencahayaan). Misalkan : Sama-sama pemandangan gunung dan sawah, namun hasilnya bisa seperti bumi dan langi saat dipotret dalam dua kondisi pencahayaan yang berbeda.
Golden hour dalam fotografi terjadi dalam waktu antara sebelum dan sesudah matahari terbit (sunrise) dan sunset (matahari terbenam). Kalau mau diambil kasarnya kira-kira dari jam 5 sampai jam 7 pagi dan antara jam 5 sampai jam 7 sore. Dalam rentang waktu di kedua waktu tersebut kita bisa mendapatkan kualitas cahaya terbaik saat ingin memotret diluar ruangan.
Saat golden hour, cahaya matahari menerpa subyek foto dari sudut miring sehingga memberi dimensi dan tekstur yang kaya dan memiliki warna keemasan yang hangat. Anda bisa memotret landscape, portrait, sunset/sunrise atau siluet saat golden hour ini dan mendapatkan foto yang lebih cantik.


Bagaimana Golden Hour membuat foto lebih cantik

Sebuah foto landscape yang di ambil di siang hari mungkin akan tampak seperti ini:
siang hari
Sementara di bawah ini landscape yang sama yang diambil pada saat golden hour bisa tampak seperti ini (karya Jessy CE):
golden hour shot
Anda bisa melihat bagaimana kualitas cahaya mempengaruhi foto secara keseluruhan. Gradasi yang tampak dilangit terlihat sangat indah, arah cahaya yang miring membentuk dimensi yang lebih bagus dan memunculkan tekstur yang kaya serta bagaimana warna hangat yang ditimbulkan membuat keseluruhan foto tampak lebih cantik.


Menghitung Golden Hour

Kalau gambaran kasar kapan momen golden hour terjadi seperti diatas belum memuaskan, anda bisa mencari kapan tepatnya golden hour terjadi di lokasi tertentu dengan memanfaatkan beberapa alat, antara lain:
1. The Golden Hour (http://www.golden-hour.com), adalah situs untuk memperkirakan kapan golden hour berikutnya terjadi pada sebuah lokasi, anda tinggal menunjukkan lokasi dipeta.
2. Twilight calculator, mirip seperti situs diatas.
3. Menggunakan app Golden Hour untuk IOS dan Android untuk Smartphone.
Satu yang pasti buat pecinta fotograi yaitu untuk mencari Golden Kompas, eh maksud saya Golden Hour anda harus rajin bangun pagi dan tidak menyerah memotret sampai menjelang malam. selamat mencoba. Terima kasih, semoga bermanfaat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar