Cara Membuat Cahaya Sinar Menggunakan 3DS Max

Bookmark and Share

Membuat Cahaya Sinar

Matahari merupakan sesuatu yang sangat fenomenal di dunia nyata karena merupakan sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup. Di kreasi kali ini, Anda akan membuat Cahaya atau Sinar dengan Lens Effect Flare yang terdapat dalam Video Post. Apa itu Video Post? Video Post adalah fitur yang disediakan oleh 3ds Max yang berfungsi untuk melakukan proses Post Production seperti melakukan editing dan compositing terhadap animasi yang dibuat secara sederhana tanpa harus menggunakan software Post Production lain seperti Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Sehingga akan lebih memudahkan bagi Anda tanpa harus berpindah ke software lain.


Membuat Efek Cahaya Matahari

Video Post menyediakan setingan parameter yang sangat detail dan advanced. Ada 2 cara dalam Video Post untuk membuat efek cahaya matahari. Pertama, Anda akan membuat dan mengatur sendiri setingan parameter-parameternya sehingga didapat cahaya matahari yang ideal dengan keinginan. Yang Kedua, Anda mengambil sample efek cahaya matahari yang sudah disediakan oleh Video Post, Anda tinggal me-loading-nya dan tidak perlu membuatnya sendiri.

Anda akan mencoba teknik yang pertama terlebih dahulu.

1. Anda buka salah satu file 3D yang Anda miliki. Jika anda tidak punya anda bisa mencari via Google Service. Berikan pandangan Camera pada scene Anda tersebut.

2. Klik Viewport Camera01. Lalu klik Menu Rendering > Video Post
Jendela Video Post
Gambar : Jendela Video Post

3. Klik tombol Add Scene Event
Ini untuk menentukan Viewport mana nanti yang akan di Render dalam Video Post. Pilih pandangan Camera01 dan klik tombol OK.

4. Selanjutnya klik tombol Add Image Filter Event
buka kotak Combo Contrast dan pilih opsi Lens Effects Flare lalu klik tombol OK

5. Kemudian Anda klik ganda tulisan Lens Effects Flare yang posisinya berada di tabel sebelah kiri pandangan Anda untuk memunculkan jendela Edit Filter Event

6. Lalu klik tombol Setup
Selanjutnya akan muncul jendela Lens Effects Flare. Di sini Anda akan melihat beragam setingan parameter untuk membuat efek cahaya yang sangat beragam dan variatif.
Jendela Lens Effect Flare
Gambar : Jendela Lens Effect Flare.

7. Anda klik tombol Preview
letaknya di sebelah kiri atas dari pandangan Anda, fungsinya untuk menampilkan efek visual cahaya atau sinar yang akan terbentuk.

8. Di kategori Lens Flare Properties, Coba Anda atur besaran Size cahaya dan tingkat terang cahaya Intensity. Atur Size = 50 dan Intensity = 85.
Opsi Size dan Intensity
gambar : Opsi Size dan Intensity

9. Masih di kategori Lens Flare Properties, klik tombol Node Sources untuk memilih tipe lampu yang ingin Anda beri efek cahaya atau sinar di Scene Anda. Kemudian akan terbuka jendela Select Flare Objects dan Anda klik Omni06 matahari lalu klik tombol OK.
Jendela Select Flare Objects
gambar : Jendela Select Flare Objects

10. Di bagian kanan bawah pada layar Viewport Anda, di kategori Render, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan-pilihan elemen pembentuk suatu cahaya (dengan meng-klik tanda centang dari masing-masing elemen yaitu Glow, Ring, Auto Sec, Man Sec, Ray, Star dan Streak). Untuk latihan kali ini, Anda biarkan saja dalam keadaan default.
Opsi Elemen Render
gambar : Opsi Elemen Render

11. Di bagian tengah sebelah kanan pandangan Anda, terdapat beberapa tab elemen-elemen pembentuk cahaya, yang apabila Anda klik tab tersebut maka akan muncul setingan parameter-parameter untuk masing-masing elemen tersebut secara detail dan lengkap. Anda bebas bereksperimen dengan parameter-parameter ini. (Untuk kali ini, Anda tidak perlu mengubah setingan parameter apapun. Biarkan saja dalam kondisi default/standard-nya)
Tab Elemen
gambar : Tab Elemen

12. Selanjutnya klik tombol OK. Untuk melihat tampilan hasil Render cahaya/sinar yang telah Anda buat tadi, Anda tidak bisa melakukannya dengan menggunakan proses Render standar melalui Menu Rendering > Render > Render, melainkan Anda melakukan Render dari fitur Video Post dengan menekan tombol Execute Sequence

13. Setelah jendela Execute Video Post terbuka, Anda dapat memilih dengan type Render Single (gambar diam/still image) atau Range (animasi). Dalam hal ini biarkan dalam pilihan Single. Lalu di kategori Output Size, Anda pilih sesuai keinginan Anda, apakah dalam output Widescreen atau Video. Pilih 70mm Panavision (cine) dengan 880 x 400. Kemudian klik tombol Render

gambar : Jendela Execute Video Post

14. Maka akan tampil hasil Render beserta dengan efek cahaya/sinar dari Video Post
Efek Sinar dan Cahaya di 3ds max
gambar : Efek Sinar dan Cahaya di 3ds max

Catatan :
[-] Fitur Video Post sudah dapat Anda nikmati sejak dari 3ds Max veri 3 hingga 3ds Max rilis terbaru sampai saat ini yaitu 3ds Max rilis 9. Di rilis di bawah 3ds Max 3, masih merupakan PlugIn yang harus ditambahkan dalam 3ds Max Anda

[-] Konsekuensi pemberian efek Video Post untuk image/animasi Anda akan menambah kalkulasi waktu yang sedikit lebih lama dalam proses Render-nya

Itulah cara membuat sinar dan cahaya di 3ds max. Simak juga tutorial sebelumnya yaitu cara membuat material Air Laut dengan 3dsmax. Selamat berkarya. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar