Cara Membuat Efek Ledakan Api Menggunakan 3 DS Max

Bookmark and Share

Membuat Efek Ledakan Api

Bila Anda ingin mempunyai dan membuat koreografi ledakan api pada objek dalam skenario / cerita animasi yang Anda buat, Anda dapat membuat efek ledakan api dengan menggunakan 3ds Max. Efek ini tentu akan memberikan kesan dramatis pada animasi Anda. Untuk membuat efek ledakan api dalam 3ds max tidaklah sulit.


Tutorial Efek Ledakan Api

1. Buka objek teko yang pecah. File teko pecah . Geser time slider ke frame 3, maka Anda akan melihat adanya pecahan. Anda lakukan proses Render dahulu untuk melihat hasilnya, sebelum nanti diberikan efek api. Klik Menu Rendering > Render > Render. Selanjutnya tutup jendela hasil Render dan jendela Render Scene.

2. Klik Tab Create > Helper
Untuk membuat efek api, Anda membutuhkan sebuah helper sebagai guider untuk efek apinya.


3. Klik kotak Combo yang bertuliskan Standard dan ubah ke Atmospheric Apparatus. Klik SphereGizmo dan buat sembarang di Viewport Top.

4. Untuk mengatur posisinya di Viewport, klik kanan tombol Select & Move

5. Pastikan objek SphereGizmo01 masih terpilih, kemudian buka Tab Modify
di rollout Sphere Gizmo Parameters atur nilai Radius sesuai keinginan (misalkan Radius = 1828)

6. Di rollout Atmospheres and Effects, klik tombol Add lalu pilih Fire Effect dan klik tombol OK

Gambar Setingan Colors

7. Anda klik tulisan Fire Effect dan klik tombol Setup. Selanjutnya akan muncul jendela Environment and Effects.

8. Di rollout Fire Effect Parameters, Anda akan mendapatkan banyak parameter yang dapat Anda seting sendiri untuk mendapatkan efek api sesuai yang diinginkan. Untuk kasus ini, biarkan saja dahulu setingannya dalam keadaan default. Anda tutup jendela Environment and Effects.

9. Klik Viewport Camera01. Geser time slider ke frame 3, lakukan proses Render dan lihat efek api yang terjadi dalam Scene 3D Anda, tampak sangat real.

Catatan:
[-] Untuk merender efek api, proses Render akan memakan kalkulasi waktu yang lebih lama. Jadi Anda perlu sedikit bersabar. Anda juga dapat menambahkan efek Motion Blur supaya visualnya tampil lebih dramatis lagi.

[-] Anda dapat melakukan pengeditan setingan parameter-parameter lainnya. Di rollout Fire Effect Parameters, di kategori Colors Anda bisa merubah warna apinya, klik tiap kotak warna baik untuk warna dalam (Inner Color), warna luar (Outer Color) dari apinya maupun warna asapnya (Smoke Color). Anda juga bisa merubah dengan warna yang lain sehingga Anda akan mendapatkan efek yang baru. Misalkan efek gas, anda dapat merubah warna Outer Color menjadi warna biru atau hijau. Sehingga Anda tidak saja bisa membuat efek api, namun juga Anda dapat membuat efek lain selain api, seperti efek gas, asap, dan lain-lain.

Gambar Setingan Colors

[-] Di kategori Shape, Anda bisa mengatur jenis atau tipe apinya. Untuk jenis api yang berupa ledakan, lebih ideal menggunakan tipe Fireball di banding tipe Tendril yang biasanya lebih ideal digunakan untuk menciptakan bentuk efek api unggun. Stretch adalah bagaimana efek api yang tampil dapat Anda atur pola arahnya baik secara vertikal maupun horizontal. Sedangkan Regularity adalah seberapa besar api akan mengisi dari Gizmo-nya (default = 0.2).

Gambar Setingan Shape

[-] Di kategori Characteristics, Anda pun dapat mengatur berbagai setingan parameter-parameter di sana, seperti ukuran lidah api (Flame Size), semakin besar nilainya (lebih dari 35) maka akan semakin besar ukuran lidah api yang keluar. Detil api (Flame Detail), semakin besar nilainya maka akan semakin detil apinya. Kepekatan api (Density), semakin besar nilainya maka akan semakin kuat intensitas kepekatan api.

Gambar Setingan Characteristics

[-] Untuk mendapatkan bentuk efek SphereGizmo yang tidak bulat penuh, Anda pilih kembali Gizmo yang telah Anda buat sebelumnya, lalu klik opsi Hemisphere pada kategori Sphere Gizmo Parameters di Tab Modify , Opsi Hemisphere akan memotong ½ bagian dari SphereGizmo

[-] Untuk menghilangkan efek api secara permanent dari layar Viewport, di kategori Atmospheres & Effects, pilih Fire Effect lalu klik tombol Delete. Untuk menghilangkan efek api secara tidak permanent, Anda cukup matikan saja tanda centang di opsi Active (untuk menonaktifkannya), sehingga nantinya bila Anda membutuhkan efek api itu, Anda tinggal menyalakan kembali tanda centang di opsi Active. Jadi Anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal.

gambar: Opsi Delete dan Active

Hasilnya kira - kira seperti ini :
efek ledakan di 3ds max
gambar : efek ledakan di 3ds max

Itulah tutorial cara membuat Ledakan. Simak juga tutorial sebelumnya yaitu Membuat Material Air Laut dengan 3dsmax. Selamat berkarya. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar